Thursday, June 2, 2011

Pengenalan Bahasa Pemrograman Java



Tentunya kita sudah tidak asing dengan kata Java, sebuah bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Sun Microsystem yang telah diakuisisi oleh Oracle. Bahasa Java adalah bahasa yang digunakan untuk menghasilkan aplikasi-aplikasi Java.

Pada saat program Java dikompilasi, ia akan dikonversi ke ebntuk byte code, yang merupakan bahasa mesin yang portable. Selanjutnya bytecode tersebut dijalankan di JVM (Java Virtual Machine).

Java merupakan bahasa yang portable, aplikasi yang kita buat di Microsft Window dapat kita gunakan di Linux dan juga sebaliknya. Java sendiri dapat digunakan di Windows, Keluarga Linux, dan Machintos.

Java didefinisikan menjadi Tiga Edisi :
Java Micro Edition
Edisi ini ditujukan untuk digunakan dilingkungan mobile, seperti PDA, Hand Phone, SmartCard.

Java Standart Edition
Edisi JSE diperuntukkan untuk lingkungan Desktop. Seperti PC ataupun Notebook.

Java Enterprise Edition
JEE merupakan edisi java yang ditujukan untuk aplikasi Enterprise yang digunakan di Internet atau aplikasi yang digunakan dalam skala besar.

Untuk melakukan kompilasi program yang telah ditulis dalam bahasa Java kita terlebih dahulu harus menginstall Java Development Kit atau JDK. Jika kita hanya ingin menjalankan saja program java yang telah dikompilasi kita hanya perlu menginstall Java Runtime Environmen atau JRE.

Related Posts by Categories



Widget by Kali-Setail

1 Comment:

Unknown said...

kita juga punya nih artikel mengenai java, silahkan dikunjungi dan dibaca untuk menambah wawasan, berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1266/1/50407638.pdf
trimakasih

 
Copyright © 2011. Powered By Blogger