Thursday, June 9, 2011

Dasar Java : Method dalam Java

Method merupakan bagian dari suatu Kelas yang berfungsi untuk menjalankan suatu fungsi tertentu, method dikenal juga sebagai fungsi atau prosedur.

Method main
Method ini merupakan method khusus yang digunakan sebagai titik awal dari program Java yang dibuat. Setiap kelas yang kita  buat boleh memiliki method main, tetapi hanya satu saja kelas yang dapat di eksekusi dalam suatu aplikasi Java.


Modifier
Modifier method yang dapat digunakan private, protected, dan public, tetapi kita boleh tidak menggunakan salah satu method yang telah disebutkan.
Method dengan modifier Public dapat diakses dari luar kelas yang kita buat, dan modifier private digunakan agar method yang dibuat tidak dapat diakses dari luar kelas yang dibuat.


Overloading Method
Overloading adalah kemampuan untuk mendefinisikan lebih dari satu method disebuah kelas dengan nama method yang sama tetapi dengan menggunakan parameter yang berbeda untuk setiap method yang dibuat. Jika kita melakukan overloading method tetapi parameter yang digunakan sama maka program akan error.
public class Coba {
      private String nama;
      private String alamat;

      public void setParameter(String nama){
              this.nama = nama;
      }

      public void setParameter(String nama, String alamat){
               this.nama = nama;
               this.alamat = alamat;
      }

}

Related Posts by Categories



Widget by Kali-Setail

0 Comments:

 
Copyright © 2011. Powered By Blogger