Saturday, June 11, 2011

Dasar Java : Fitur-fitur Dalam Java 6


Java versi 6 merupakan versti stable terakhir yang di release oleh sun dan sekarang telah diakuisisi oleh Oracle. Walaupun sudah terdapat versi beta dari Java versi 7, tidak ada salahnya jika kita bahas fitur-fitur Java versi 6.

AWT dan SWING
Java telah menambahkab beragam fitur pada Java versi 6. Di Swing terdapat fitur swingworker yang dapat membantu kita memanfaatkan thread dengan lebih mudah. Di paket AWT, terdapat fitur-fitur baru seperti Splash Screen, System Tray, Text Antialiasing, dan masih banyak lagi.

I/O dan Networking
Di kedua paket tersebut tidak terlalu terjadi perubahan yang cukup banyak,. Di paket java.net ditambahkan beberapa kelas dan interface saja. Dan di paket java.io ditambahkan paket Consol dan juga terdapat sedikit perubahan pada kelas-kelas lain yang terdapat di paket tersebut.

JDBC 4.0
Untuk meningkatkan kemampuan Java dalam berinteraksi denga Database telah di release JDBC versi 4.0. JDBC terbaru ini sudah terdapat pada Java versi 6. Dalam release terbaru telah di tambahkan fitur-fitur baru, contohnya saja dukungan terhadap karakter nasional.

Diatas merupakan sedikit dari fitur-fitur baru yang terdapat pada Java versi 6. Untuk melihat secara lengkap, anda dapat mengunjungi situs resmi Java.

Related Posts by Categories



Widget by Kali-Setail

1 Comment:

Achmad Lutfi said...

Lanjut terus gan postingnya.

 
Copyright © 2011. Powered By Blogger