Thursday, June 30, 2011

SNMPTN 2011

Hasil SNMPTN telah diumumkan pada hari Rabu kemarin tanggal 29 Juni 2011. Pengumumannya juga dapat dilihat di website resmi SNMPTN yaitu www.snmptn.ac.id.

Dari sekian banyak calon mahasiswa yang mendaftar terdapat banyak sekali calon mahasiswa yang gagal masuk ke dalam Universitas Impiannya. Tetapi jangan patah semangat untuk menuntut ilmu di Universitas, masih ada jalan lain untuk masuk. Kata orang, "Banyak jalan menuju Roma",  banyak jalan juga menuju universitas.

Jadi, jangan patah semangat untuk terus berusaha. Ambil hikmah dari setiap kegagalan dan gunakan agar anda lebih baik dari sekarang. :)

Mozilla Firefox 5 - Review


Tepat setelah 3 bulan Mozilla Firefox 4 di rilis, mozilla merilis generasi baru browser berlogo rubah  merah yaitu Firefox 5.

Versi yang dirilis kali ini cukup cepat dibandingkan dengan versi versi firefox sebelumnya, hal ini seperti mengikuti siklus pengembangan Chrome besutan dari raksasa internet Google.

 

 

 Dibawah ini beberapa fitur yang terdapat pada Firefox 5 :

  • Mendukung animasi CSS
  • Pemindahan lokasi setting Do-Not-Track
  • Penyempurnaan HTTP idle connection untuk menggenjot  performa firefox
  • Peningkatan canvas, JavaScript, memory dan performajaringan
  • Peningkatan dukungan standar HTML5, XHR, MathML, SMIL, dan canvas
  • Peningkatan spell checking beberapa bahasa pemrograman web
  • Penyempurnaan integrasi desktop di Linux
  • Konten WebGL tidak lagi meload textur domain lain
  • Perbaikan stabilitas dan keamanan

Wednesday, June 29, 2011

Mozilla Firefox 5 - Browser Generasi Baru Firefox

Firefox 5
Mozilla telah merilis browser firefox versi terbaru yaitu versi Firefox 5 yang tersedia untuk Sistem Operasi Windows, Linux, Mac dan Android pada bulan juni 2011.

Pada versi kali ini terdapat banyak sekali perbaikan-perbaikan dan peningkatan kerja yang membuat pengguna lebih mudah dalam menjelajah web dan keamanan datanya menjadi lebih terjamin. Setidaknya lebih dari 1000 perbaikan yang telah dilakukan oleh para developer firefox 5.

Untuk mendapatkan browser terbaru ini anda dapat mengunjungi situs www.mozilla.com dan mendownload firefox 5 secara gratis.

Saturday, June 11, 2011

Dasar Java : Fitur-fitur Dalam Java 6


Java versi 6 merupakan versti stable terakhir yang di release oleh sun dan sekarang telah diakuisisi oleh Oracle. Walaupun sudah terdapat versi beta dari Java versi 7, tidak ada salahnya jika kita bahas fitur-fitur Java versi 6.

AWT dan SWING
Java telah menambahkab beragam fitur pada Java versi 6. Di Swing terdapat fitur swingworker yang dapat membantu kita memanfaatkan thread dengan lebih mudah. Di paket AWT, terdapat fitur-fitur baru seperti Splash Screen, System Tray, Text Antialiasing, dan masih banyak lagi.

I/O dan Networking
Di kedua paket tersebut tidak terlalu terjadi perubahan yang cukup banyak,. Di paket java.net ditambahkan beberapa kelas dan interface saja. Dan di paket java.io ditambahkan paket Consol dan juga terdapat sedikit perubahan pada kelas-kelas lain yang terdapat di paket tersebut.

JDBC 4.0
Untuk meningkatkan kemampuan Java dalam berinteraksi denga Database telah di release JDBC versi 4.0. JDBC terbaru ini sudah terdapat pada Java versi 6. Dalam release terbaru telah di tambahkan fitur-fitur baru, contohnya saja dukungan terhadap karakter nasional.

Diatas merupakan sedikit dari fitur-fitur baru yang terdapat pada Java versi 6. Untuk melihat secara lengkap, anda dapat mengunjungi situs resmi Java.

Friday, June 10, 2011

Dasar Java : Object dalam Java





Object merupakan bagian penting dalam bahasa pemrograman berbasis objek seperti bahasa Java.
Objek memiliki suatu siklus hidup, yaitu dibuat, dimanipulasi, dan dihapus.

Membuat Object
Di dalam Java, untuk menciptakan suatu object digunakan operator new. Setelah object berhasil dibuat maka object tersebut akan diletakkan di heap memori. Berikut contoh pembuatan object dalam bahasa Java :
BefferedImage bi = new BufferedImage();
Menghapus Object
Garbage Collection merupakan teknik di bahasa Java yang digunakan untuk menghapus object-object yang sudah tidak dipakai di dalam program.
Garbage Collection berjalan secara otomatis, sehingga kita tidak perlu kawatir tentang bagaimana cara menghapus atau menghancurkan object yang telah kita buat. Tetapi perlu diingat bahwa tidak semua jenis object ditangani oleh Garbage Collection. Misalnya untuk object-object external seperti database, sebaiknya kita menangani object-object tersebut secara explisit.

Thursday, June 9, 2011

Dasar Java : Method dalam Java

Method merupakan bagian dari suatu Kelas yang berfungsi untuk menjalankan suatu fungsi tertentu, method dikenal juga sebagai fungsi atau prosedur.

Method main
Method ini merupakan method khusus yang digunakan sebagai titik awal dari program Java yang dibuat. Setiap kelas yang kita  buat boleh memiliki method main, tetapi hanya satu saja kelas yang dapat di eksekusi dalam suatu aplikasi Java.


Modifier
Modifier method yang dapat digunakan private, protected, dan public, tetapi kita boleh tidak menggunakan salah satu method yang telah disebutkan.
Method dengan modifier Public dapat diakses dari luar kelas yang kita buat, dan modifier private digunakan agar method yang dibuat tidak dapat diakses dari luar kelas yang dibuat.


Overloading Method
Overloading adalah kemampuan untuk mendefinisikan lebih dari satu method disebuah kelas dengan nama method yang sama tetapi dengan menggunakan parameter yang berbeda untuk setiap method yang dibuat. Jika kita melakukan overloading method tetapi parameter yang digunakan sama maka program akan error.
public class Coba {
      private String nama;
      private String alamat;

      public void setParameter(String nama){
              this.nama = nama;
      }

      public void setParameter(String nama, String alamat){
               this.nama = nama;
               this.alamat = alamat;
      }

}

Monday, June 6, 2011

Dasar Java : Kelas Dalam Java

Kelas merupakan salah satu konsep yang sangat penting dalam pemrograman berbasis object seperti pada Java. Kelas adalah cetak biru dari sebuah object yang dibuat.

Deklarasi Kelas
Di Java, nama dari kelas yang digunakan harus sama dengan nama dari file java yang dibuat. Misal file KelasBaru.java didalamnya harus dibuat kelas dengan nama KelasBaru. Seperti berikut ini :

public class KelasBaru {

       // Isi Kelas

}
Konstruktor
Bentuk konstruktor mirip dengan method, hanya saja konstruktor tidak memiliki return value seperti halnya method. Nama konstruktor harus sama dengan nama kelas yang digunakan. Jika dalam suatu program java tidak memiliki konstruktor maka Java akan menambah konstruktor secara otomatis saat program dieksekusi.
public class KelasBaru {

       public KelasBaru(){
              // Isi Konstruktor
       }
}

Access Modifier
Setiap kelas memiliki sebuah access modifier yang mendefinisikan hak akses dari kelas tersebut. Jika access modifier kelas adalah public maka kelas tersebut dapat diakses dari mana saja.
Jika dalam pembuatan suatu kelas kita tidak mendefinisikan access modifier maka access modifier kelas tersebut menggunakan access modifier default.
Access modifier lainnya adalah protected, abstract, final, dan private.

Keyword super dan this
Keyword this digunakan untuk mengakses variable ataupun method local.
public class Coba {
       int aa;
       public void setAa(int aa){
              this.aa = aa;
       }
}

Keyword super digunakan untuk mengakses variable ataupun method yang berada di kelas Induk.
Public class Coba2 extends Coba {
        // mengakses method di kelas induk
        super.setAa;
}

Sunday, June 5, 2011

Dasar Java : Aturan Penamaan Dalam Java


Terdapat beberapa aturan dalam penamaan yang perlu diperhatikan dalam membuat kode program agar mudah untuk dibaca. Berikut aturan-aturan penamaan dalam bahasa Java :

Kelas dan Interface
Penulisan nama kelas dan interface mengacu pada bahasa Pascal, dimana huruf pertama untuk setiap kata adalah huruf besar dan tidak boleh terdapat spasi dalam penamaan. Contohnya SegiEmpat, SangkarBurung.

Method
Penulisan method mengacu pada sintaks Camel, dimana huruf pertama pada setiap kata adalah huruf kecil dan huruf pertama untuk kata setelahnya adalah huruf besar. Nama method sebaiknya mencerminkan operasi yang dijalankan oleh method tersebut agar tidak membingungkan dalam implementasinya.


Variable
Untuk Variable penamaannya mirip dengan penamaan method. Seperti getMin, getMax, setMin, setMax.

Konstanta
Nama konstanta di Java sebaiknya menggunakan huruf besar semua. Jika dalam penamaannya menggunakan beberapa kata sebaiknya menggunakan tanda "_" sebagai pemisahnya. Contoh penaamaannya MAX_INPUT.

Saturday, June 4, 2011

Charles Puyol Menjalani Operasi Lutut


Seperti telah diumumkan dalam situs resmi FC Barcelona, pemain berusia 33 tahun akan melakukan operasi untuk menyembuhkan cedera lutut yang telah dialaminya pada otot tendon di lutut kirinya, saat Barcelona menjamu Racing Santander di Camp Nou 22 Januari silam. Kondisi tersebut membuat Puyol sering absen saat membela FC Barcelona dalam beberapa pertandingan.

Beruntung Puyol bisa tampil dalam laga Final Liga Champion melawan Manchester United di stadion Wembley walaupun hanya sebagai pemain pengganti. Ia turun kelapangan pada menit ke-88 menggantikan Dani Alves.

Friday, June 3, 2011

Dasar Java : Elemen Bahasa Java


Berikut elemen-elemen bahasa Java :

Tipe Data
Di java, tipe data dibedakan menjadi dua jenis yaitu tipe data primitif dan tipe data reference. Tipe data primitif adalah tipe-tipe data bawaan, seperti boolean, char, byte, short, int, long.
Dan tipe data reference seperti meliputi kelas, interface, array.

Deklarasi Variable
Sebelum digunakan, setiap variable didalam java harus didefinisikan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan dengan mendefinisikan tipe data dan nama variabel java tersebut. Contohnya adalah sebagai berikut :
int j;
int i;
// sama dengan
int i,j;
// dapat juga melakukan inisialisasi variable
int i = 2;

Blok
Merupakan kelompok script java yang terletak didalam kurung kurawal.
if (kondisi)
{ // awal blok

        // pernyataan

} // akhir blok
Komentar
Penulisan komentar pada java mirip sekali dengan penulisan komentar pada bahasa c atau c++. Untuk komentar-komentar yang dimasukkan ke javadoc, sebaiknya menggunakan /** dan diakhiri dengan */
/**


         Ini Komentar

*/

 

Thursday, June 2, 2011

Pengenalan Bahasa Pemrograman Java



Tentunya kita sudah tidak asing dengan kata Java, sebuah bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Sun Microsystem yang telah diakuisisi oleh Oracle. Bahasa Java adalah bahasa yang digunakan untuk menghasilkan aplikasi-aplikasi Java.

Pada saat program Java dikompilasi, ia akan dikonversi ke ebntuk byte code, yang merupakan bahasa mesin yang portable. Selanjutnya bytecode tersebut dijalankan di JVM (Java Virtual Machine).

Java merupakan bahasa yang portable, aplikasi yang kita buat di Microsft Window dapat kita gunakan di Linux dan juga sebaliknya. Java sendiri dapat digunakan di Windows, Keluarga Linux, dan Machintos.

Java didefinisikan menjadi Tiga Edisi :
Java Micro Edition
Edisi ini ditujukan untuk digunakan dilingkungan mobile, seperti PDA, Hand Phone, SmartCard.

Java Standart Edition
Edisi JSE diperuntukkan untuk lingkungan Desktop. Seperti PC ataupun Notebook.

Java Enterprise Edition
JEE merupakan edisi java yang ditujukan untuk aplikasi Enterprise yang digunakan di Internet atau aplikasi yang digunakan dalam skala besar.

Untuk melakukan kompilasi program yang telah ditulis dalam bahasa Java kita terlebih dahulu harus menginstall Java Development Kit atau JDK. Jika kita hanya ingin menjalankan saja program java yang telah dikompilasi kita hanya perlu menginstall Java Runtime Environmen atau JRE.

Wednesday, June 1, 2011

Apa itu Ubuntu ?


Ubuntu merupakan salah satu Distro Linux yang cukup pesat perkembangannya saat ini. Ubuntu dikembangkan oleh komnuitas OpenSource yang disponsori oleh Canonical Ltd, perusahaan milik Mark Shuttleworth. Kata Ubuntu sendiri berarti “rasa perikemanusian terhadap sesama manusia”.

Tanggal 20 Oktober 2004 versi pertama dari Ubuntu di release, Dan kemudian setiap 6 bulan sekali dilakukan release lagi untuk memperbaharui feature-feature dari Ubuntu, seperti update program.

Versi Ubuntu yang terbaru adalah Ubuntu Natty Narwhal 11.04, yang telah terjadi perubahan yang sangat besar dari versi sebelumnya. Di versi ini, Ubuntu tidak lagi menggunakan Gnome sebagai standar Desktop Manager melainkan telah memakai Unity yang merupakan hasil dari pengembangan dari para developer Ubuntu. 

 
Copyright © 2011. Powered By Blogger